Plaza Pulsa | Master Dealer Pulsa Electrik Termurah

Kamis, 24 November 2011

Halo Matahari Hiasi Langit Semarang Menurut BMKG ini fenomena biasa dan tidak ada efek apapun.


Fenomena alam berupa cincin matahari tampak di Semarang, Jawa Tengah. Meski kemunculannya tidak lebih dari tiga puluh menit, fenomena yang biasa disebut halo matahari itu mengundang perhatian warga.

Cahaya yang mengelilingi matahari tersebut terlihat cukup besar dan terang. Mata beberapa warga yang memandangi dengan mata telanjang sampai memerah.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Semarang, Evi Lutfiati, kemunculan halo matahari di Semarang adalah peristiwa biasa.

Halo matahari ditandai munculnya optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya matahari yang terjadi karena pembiasan kristal es yang berada di sekitar matahari dan membentuk semacam pelangi.

“Biasanya tidak lama karena hembusan angin. Dan yang jelas hal ini tidak akan menimbulkan efek apapun. Jadi tidak perlu dikaitkan dengan ramalan serta kejadian-kejadian tertentu,” jelas Evi.

Halo matahari juga sudah pernah terlihat di beberapa kota lainnya Seperti Solo, Yogyakarta, dan Jakarta. “Untuk kota Semarang memang baru terjadi kali ini dalam kurun waktu satu tahun terakhir, namun kemunculannya tidak perlu dikhawatirkan,” tegas Evi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar